Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 galaxy@myabcshop.com

Tips Mengatur Keuangan untuk Perusahaan UKM

Pada zaman sekarang saat teknologi digital merambah dengan pesat, Indonesia kini semakin bertransformasi menjadi pasar yang potensial bagi e-commercedan pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM). Berdasarkan data yang Accurate Business Center rangkum dari Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan bahwa pertumbuhan jumlah pelaku UKM di Indonesia telah mencapai lebih dari 55 juta unit. Hal itu memiliki arti bahwa bisnis di Indonesia mengalami perkembangan sehingga Anda sebagai pelaku bisnis memiliki potensial yang lebih besar untuk semakin tumbuh.

Seperti layaknya seluruh jenis bisnis lainnya, agar berjalan dengan lancar, para pelaku UKM sangat membutuhkan pengelolaan manajemen usaha yang baik, terutama pada sektor keuangan.

Sektor keuangan pada sebuah bisnis merupakan kerangka yang menyangga berjalannya usaha setiap harinya. Ditambah keuangan pula yang akan menentukan strategi bisnis seperti apa yang tepat dan masih di dalam batas kemampuan. Untuk itu, berikut Accurate Business Center jabarkan mengenai beberapa tips mengatur keuangan untuk perusahaan UKM:

Pisahkan Dana Bisnis dan Pribadi

Meskipun UKM masuk ke ranah bisnis dalam skala kecil, namun sebagai pengusaha harus tetap disiplin dengan sistem keuangan Anda. Hal ini disebabkan saat Anda mencapur dana pribadi dan bisnis, Anda akan mengalami masalah dalam menelaah kondisi arus kas sebenarnya, apakah mengalami surplus atau justru defisit. Anda wajib untuk memisahkan akun keuangan atau rekening dana pribadi dan bisnis sehingga semua data dapat diatur dengan jelas dan baik.

Susun Rencana Keuangan Dengan Detail

Sebelum Anda menghabiskan sebuah dana, Anda diharuskan untuk merencanakan untuk apa uang tersebut akan digunakan. Dengan tersusunnya rencana yang matang, Anda dapat mengetahui langkah selanjutnya untuk mengaplikasikan strategi bisnis jenis apa agar pengeluaran menjadi efektif dan berguna. Dengan rencana yang matang pula, Anda dapat langsung memisahkan anggaran bisnis, seperti contoh anggaran pemasaran, pembayaran tenaga kerja, pembelian barang, atau peningkatan aset.

Mencatat Keluar Masuk Data Keuangan

TIps mengatur Keuangan untuk Perusahaan UKM lain yang dapat Accurate Business Center berikan adalah mencatat arus keuangan keluar dan masuk. Hal ini berfungsi sebagai petunjuk apakah UKM anda menguntungkan atau merugi. Selain itu, arus keuangan juga dapat memberikan gambaran mengenai berapa kira-kira dana yang dibutuhkan untuk masing-masing sektor dalam UKM anda dan apakah jumlah tersebut wajar untuk dihabiskan pada sektor tersebut. Banyak kesalahan yang dilakukan oleh pelaku UKM pada bagian ini, yaitu melakukan pencatatan dana keluar masuk secara manual, sehingga beresiko tinggi untuk terjadi kesalahan karena human error.

Sebagai solusi, Anda dapat menggunakan sebuah sistem otomatis dengan perangkat lunak seperti Accurate Accounting Software. Anda pun akan dimudahkan dengan berbagai fitur yang tersedia untuk bidang usaha trading, kontraktor, manufaktur ataupun jasa, otoritas sesuai job description masing-masing user, mencatat transaksi dalam berbagai mata uang asing dan menghitung otomatis laba/rugi selisih kurs, eksport transaksi PPN ke E-faktur tanpa perlu menginput satu-per satu data pada program E-Fakturs, dan kelebihan-kelebihan lainnya yang membuat pekerjaan Anda menjadi lebih ringan.

Tips Mengatur Keuangan untuk Perusahaan UKM

 

Semoga tips mengatur keuangan untuk perusahaan UKM versi Accurate Business Center dapat membantu pelaku UKM. Untuk permintaan penawaran Accurate Accounting Software, silahkan klik link berikut. Ataupun untuk permintaan presentasi produk, silahkan mengisi form berikut ini.