Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 galaxy@myabcshop.com

Solusi Software Akuntansi Accurate untuk Trading Kain

solusi software akuntansi accurate

Berikut akan kami sajikan solusi software akuntansi Accurate di dalam menangani kasus di perusahaan trading kain, disertai dengan solusi untuk bagaimana mengontrol persediaan kain yang dimiliki dalam 2 satuan unit, yaitu roll dan meter.

Dari beberapa customer yang telah kami bantu dan akhirnya menggunakan Accurate, masalah utama dan umum  di perusahaan yang melakukan transaksi jual beli kain adalah sulitnya mengontrol persediaan kain yang dimilikinya. Hal ini dikarenakan di dalam penjualan dilakukan dalam satuan unit meter, tetapi untuk pengontrolan stocknya selain ingin tahu total stock dalam meter, juga diperlukan informasi bahwa satuan meter tersebut terdiri dari berapa roll atau gelondongan.

 

Contoh kasus mengapa hal ini dapat terjadi :

Toko A merupakan perusahaan trading kain yang melayani jual beli kain secara partai ataupun ecer dimana saat membeli kain dari supplier atau pabrik, Toko A membeli dalam satuan roll, satuan roll dapat distandartkan (ex.) menjadi 100 meter, misalkan Toko A membeli total 5 roll.

Kemudian terjadi penjualan secara ecer kepada Bpk Z sebanyak 30 meter, kepada Bpk B sebanyak 40 meter, dan kepada Bpk C sebanyak 50 meter. Ketiga pelanggan tersebut memiliki syarat bahwa kain yang beli secara ecer tersebut harus utuh atau tidak terpotong-potong.

Pada kasus ini jelas total penjualan 3 customer diatas harus menggunakan 2 roll kain sebab customer tidak ingin kain yang dibeli terpotong-potong. Ilustrasinya adalah kain Bpk Z dan Bpk B dengan total 70 meter diambil dari roll kain I dan kain Bpk C sebanyak 50 meter diambil dari roll kain II. Sisa roll kain yang ada adalah roll kain I = 30 meter, roll kain II = 50 meter dan 3 roll kain lainnya tetap utuh 100 meter.

Berikut Solusi Software Akuntansi Accurate untuk perusahaan trading kain :

  1. Trick untuk menyelesaikan kasus ini adalah menggunakan fitur serial number pada kontrol persediaan Accurate. Jenis serial number yang akan kita gunakan adalah serial number nomor produksi
  2. Pada modul pembelian, masukan serial number nomor produksi sebagai informasi jumlah meter pada setiap roll yang dimiliki
  3. Begitu pula pada saat penjualan, kita harus menginputkan pada bagian serial number agar kita dapat mengetahui sisa meter pada setiap rollnya

 

Berikut ilustrasi Solusi Software Akuntansi Accurate untuk perusahaan Trading Kain dalam bentuk screen shot gambar :

solusi software akuntansi accurate

 

 

 

 

2.

solusi software akuntansi accurate

3.

solusi software akuntansi accurate

4.

solusi software akuntansi accurate

5.

solusi software akuntansi accurate

6.

solusi software akuntansi accurate

7.

solusi software akuntansi accurate

Untuk pembelian Accurate Accounting Software versi 5, solusi software akuntansi Accurate untuk perusahaan kain, silahkan klik link berikut ini.