Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 galaxy@myabcshop.com

Solusi ACCURATE lambat atau ACCURATE Not Responding

Solusi ACCURATE lambat atau ACCURATE Not Responding. Apakah pernah mengalami situasi, pada saat membuka database anda lebih lambat bahkan sampai not responding. Yang perlu diketahui oleh user adalah dalam database Accurate di sarankan pencatatan pembukuan 1Tahun (akan lebih baik ). Banyak sering kali terjadi user / pengguna tidak terlalu paham mengenai kapasitas besarnya database, hingga dipakai 2-4Tahun. Resikonya adalah dapat memperlambat kinerja Accurate. Yang harus dilakukan adalah Cut Off / Tutup Buku. Apabila ini terjadi dipertengahan tahun maka tidak akan bisa Cut Off / Tutup buku. Saya akan memberikan solusi agar mempercepat kinerja Accurate,sebagai berikut :

Solusi ACCURATE lambat atau ACCURATE Not Responding

ACCURATE lambat dapat diatasi dengan (solusi dibawah tidak harus dilanjutkan ke solusi berikutnya jika telah berhasil lebih cepat) :

  1. Non Aktifkan fasilitas “Auto Refresh Data on Tables Mudule” dari menu Setup | Preferences | Miscellaneous.
  2. Perbesar Virtual Memory baik Server maupun Client dari Properties My Computer dibagian Advance, buat Initial / Minimum dan Maximum menjadi 2 kali lipat dari RAM yang digunakan.
  3. Backup data kemudian lakukan Restore backupan data tersebut dengan nama berbeda, kemudian coba akses data tersebut.
  4. Lakukan Repair data dari menu File | Repair dalam kondisi data tidak ada yang sedang terbuka, tentukan alamat data yg akan direpair.
  5. Copy data (.GDB) dari komputer server ke komputer lain yg performancenya juga bagus / performancenya nomor 2 dari server, lalu coba akses dari komputer tersebut, apakah masih lambat ?
  6. Apakah processornya Hypertrading atau Dual Core, ACCURATE belum mendukung processor tersebut. Jadi sebaiknya matikan fungsi Hypertrading dan Dual Core tersebut.
  7. Matikan Startup programs dari MSCONFIG, dari Start menu | Run, ketikkan msconfig lalu ke halaman Startup, klik button Disable All , jika ada program yang dibutuhkan silakan dicentang manual. Setelah itu Restart komputer dan coba kembali. Lakukan baik di server maupun client.
  8. Matikan system Restore di WinXP, dari Control Panel | System, dihalaman System Restore, centang option “Turn off System Restore on all drives” . Lakukan di server maupun client.
  9. Install ulang TCP / IP dan remove Winsock di Server dan Client. Jika anda menggunakan ACCURATE versi 3.2.0.1315 keatas, di alamat program ACCURATE diinstal terdapat document cara Install TCP / IP dan Winsock (biasanya ada di alamat c:\Program Files\cpssoft\Accurate3\server not ready.doc).

Dengan Artikel ini semoga dapat membantu Bapak dan Ibu. Membutuhkan bantuan saya silakan menghubungi :

Dekky Tendean 0817378583

dekky@myabcshop.com

Website

Solusi ACCURATE lambat atau ACCURATE Not Responding