Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 galaxy@myabcshop.com

Software Akuntansi Terbaik di Indonesia

 

Software Akuntansi Terbaik di Indonesia

 Pada zaman modern seperti sekarang ini keberadaan Software Akuntansi merupakan suatu kebutuhan yang sangat mendesak bagi setiap Perusahaan mengingat persaingan bisnis yang semakin tinggi dan dibutuhkan pencatatan transaksi yang sangat cepat dan untuk menghasilkan laporan keuangan Perusahaan yang cepat, tepat dan akurat.
Software Akuntansi ini sebagai alat bantu untuk memudahkan dan mempercepat tugas tugas administrasi dan pembukuan Perusahaan.
Software ini lebih memudahkan pekerjaan kita secara lebih spesifik. Microsoft office misalnya yang memudahkan pekerjaan dalam urusan mengetik laporan (word) olah data (excel) presentasi (power point) dan lain sebaginya. Bagi seorang akuntan menguasai microsoft office adalah bekal standar dalam membuat laporan keuangan ataupun laporan yang lain.

Ada banyak software akuntansi yang berkembang di Indonesia, dengan adanya software Aplikasi ini diharapkan dapat mempermudah pekerjaan dan penyajian laporannya yang update. Jadi dengan software akuntansi ini yang tidak hanya dapat digunakan oleh orang-orang yang mengerti akuntansi tapi juga bagi orang awam yang baru mengenal akuntasi.

 

Pada kesempatan ini akan kami paparkan beberapa kriteria untuk memilih Software Akuntansi yang bagus dan layak untuk diimplementasikan di Perusahaan sehingga memiliki nilai investasi yang tinggi, adalah sebagai berikut :

  1. Identifikasi kebutuhan Perusahaan. Seberapa jauh kebutuhan yang akan diaplikasikan ke Software Akuntansi, apakah hanya sebatas pada pencatatan saja atau harus terintegrasi semua transaksi hingga menghasilkan sebuah laporan keuangan, sampai sejauh mana kebutuhan dari pengguna.
  2. Latar Belakang dan Eksistensi Pengembang/Produsen Software Akuntansi. Cara mengetahui pengembang yang dipercaya tidak mesti dilihat dari iklannya tetapi bisa dilihat dari track reccord-nya selama ini, sudah berapa lama menjalankan bisnis yang sama atau sudah berapa lama software ini dikembangkan, sudah berapa perusahaan yang menggunakan, sudah berapa banyak Perusahaan/user yang memakai, dan pertanyaan-pertanyaan serupa dengan itu. Perkembangan softwarenya, Software Akuntansi yang baik tentunya juga harus flexible dalam mengikuti perkembangan teknologi perangkat lunak hingga perangkat keras. Kemungkinan berkembangnya usaha yang dibangun akan berdampak pada berkembangnya seluruh aspek pendukung termasuk software akuntansinya. Jangan sampai  harus berganti software di tengah jalan.
  3. User Friendly mudah dipelajari dan diimplementasikan. User friendly merupakan  kriteria bagi user/pengguna, semakin user friendly akan semakin nyaman mengoperasikan software akuntansi. Selain itu juga desain sistem yang baik, tutorial help yang baik dan lengkap bila perlu tersedia juga tutorial dalam bentuk video sehingga akan semakin mempermudah dalam mempelajari software akuntansi tersebut selain dari adanya trainer yang baik pula.
  4. Sesuai dengan budget yang tersedia. Membeli software akuntansi adalah investasi panjang biaya yang dikeluarkan didepan(sekarang) untuk kepentingan jangka panjang dan kebutuhan yang panjang. Ini merupakan sesuatu yang sangat penting karena seberapapun cocoknya software akuntansi tersebut kalau seandainya budget nya tidak mencukupi maka software akuntansi tersebut tidak bisa dibeli untuk diaplikasikan di Perusahaan.

Dari keberagaman nya tersebut, aplikasi akuntansi ini selalu menyediakan fitur-fitur standar yang selalu ada dalam setiap aplikasi entah itu buatan dalam negeri ataupun luar negeri seperti misalnya:

– Multi user
– Multi Company
– Multi language
– Database
– Multi cabang
– Multi Currency
– Multi Delivery Point
– Import dan Export Data Excel
– Modul AR, AP, GL, Stock, Payroll dan lain-lain.

 

Manfaat Software Akuntansi

Tujuan dan manfaat paling besar dari software akuntansi ini adalah membantu Admin Perusahaan ataupun Pimpinan untuk menghasilkan laporan akuntansi keuangan seperti Neraca (Balance Sheet), Rugi Laba (Profit Lost Statement), Cash Flow, Laporan Piutang, Laporan Hutang dan Laporan lainnya secara update.

Nah jika kita menggunakan software akuntansi hal-hal yang diatas tadi dapat dilakukan dengan sangat cepat sehingga menghemat waktu. Bayangkan misalnya untuk laporan keuangan sebuah perusahaan besar dilakukan secara manual yang rentan kesalahan dan juga lama tentu akan sangat kerepotan.

Laporan tersebut tersaji dari hasil transaksi yang diinput seperti penjualan, pembelian, biaya dapat menjurnal segala aktifitas akuntasi seperti transaksi penjualan, pembelian, produksi barang dan lainnya secara otomatis. Sehingga dapat terintegrasi dengan berbagai macam laporan lain yang mendukung dalam aktifitas perusahaan.

Jadi intinya adalah software akuntansi sangat membantu kita dalam membuat manajemen keuangan yang efektif.

 

Jenis-jenis Software Akuntansi

Dalam ini Software akuntansi dapat diperoleh dari beberapa jenis berdasarkan cara pembuatan Software nya.

Disini akan terbagi menjadi 3 jenis berdasarkan cara pembuatannya. Yaitu software paket, software customize dan software paket yang dapat dikustomisasi

1. Software paket

Software akuntansi jenis ini merupakan software jadian dan sudah terpaket artinya software yang didapatkan tidak bisa di otak-atik dengan kata lain apa yang ada pada software merupakan setingan pabrik yang sudah paten.

Software jenis ini memiliki kelebihan karena harganya yang murah dan terjangkau. Selain itu karena apa yang ada dalam sotfware tidak dimodifikasi software jenis ini dibuat sangat mudah untuk digunakan.

Karena harga nya yang relatif murah itu basis pengguna nya pun sangat banyak. Alasan lain adalah software ini relatif lebih stabil dibanding dengan software yang lainnnya. Dari sisi maintenens akan lebih mudah karena hanya dengan dipandu baik via email, telpon atau media lainnya pengguna Software paket ini akan lebih mudah diaplikasikan.

Tapi ada juga beberapa kekurangan software jenis ini.Dengan Software jeni paket ini pengguna tidak bisa memodifikasi modul yang sudah tersaji dan pengguna harus menyesuaikan kebutuhan dan kegiatan ekonomi nya sesuai dengan keadaan software. Sehingga terkadang kebutuhan pengguna tidak sesuai dengan apa yang disediakan software.

2. Software Customize

Dari namanya sudah terlihat software ini dapat dimodifikasi dari keadaan awal nya untuk dapat disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. Modifikasi ini dapat dilakukan setelah ataupun saat membeli aplikasi di software housenya. Biasanya software jenis ini dikembangkan sendiri oleh perusahaan namun tidak jarang oleh perorangan.

Keuntungan dari software customize adalah software ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan anda tanpa ada bagian yang mubadzir tidak pernah digunakan, sehingga penggunaan nya dapat lebih fleksibel.Proses pembuatannya pun bisa diproses sesuai alur dari perusahaan pengguna dan masih dapat di customize meskipun software ini sudah berjalan dan sudah dipakai ditengah jalan untuk ditambahkan fitur atau modul ssuai keinginan pengguna.

Namun Software ini masih memiliki kelamahan diantaranya lebih mahal dibandingkan software paket. Karena software ini dikembangkan sendiri risiko yang ada pun besar. Selain itu dukungan purna jual nya tidak bisa diandalkan ditambah lagi stabilitas software sangat rendah karena basis pengguna yang rendah juga.

3. Software paket custom

Software ini merupakan software paket dengan modul standar yang dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan jika ada aktifitas lain diluar modul standar yang disediakan. Ada beberapa keuntungan yang didapat dari software jenis ini.

Harga nya relatif lebih terjangkau dibanding software yang dimodifikasi dari awal. Karena berasal dari software paket maka stabilitasnya lebih terjaga selain itu implementasi dari software dapat digunakan secara cepat karena sesuai dengan kebutuhan yang digunakan.

Tapi software ini memerlukan waktu customisasi yang lama jika tidak mendefinisikan apa saja hal yang dibutuhkan dari software. Ditambah lagi dukungan purna jual yang lebih sulit karena perbedaan modifikasi dari masing-masing user yang menggunakan.

 

 

Ini 11 Software Akuntansi terkenal di Indonesia

Ada banyak sekali software yang beredar di Indonesia. Dari software yang gratis hingga software dengan harga puluhan juta. Berikut ini 11 software akuntansi terkenal yang banyak digunakan di Indonesia.

1. Accurate Accounting Software

Accurate software merupakan salah satu software pembukuan software paket, dimana modul modulnya sudah lengkap Penjualan, Pembelian, Kas dan Bank, Persediaan Asset dimana semua modulnya sudah saling terintegrasi.

Accurate Software merupakan salah satu software rajanya software destop yang berdiri sejak tahun 1998 dan hingga kini sudah keluar Accurate software Versi 5 dan hingga saat ini sudah mencapai 163.000 lebih pengguna baik bergerak di Usaha Traiding, Kontraktor dan Manufaktur. Perusahaan pengguna Accurate Software juga didukung oleh ribuan tenaga kerja siap pakai lulusan dari berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia yang telah mengadopsi Accurate Software Akuntansi sebagai standart software lab akuntansi dan dibeberapa SMK di Indonesia

Untuk Harga accurate Destop relatif lebih murah dibanding software akuntansi lainnya yaitu 8.800.000 IDR untuk Standart Edition, 12.100.000 IDR untuk Deluxe Edition dan 38.500.000 IDR untuk Enterprise Edition namun dengan biaya tambahan sebesar 2.860.000 IDR untuk setiap user yang ditambahkan.

untuk lebih jelasnya ACCURATE Destop Versi 5 silahkan kunjungi Link dibawah ini :

ACCURATE Software Versi 5

Dan saat ini Accurate juga telah keluar versi Accurate Online, tanggal 20 September 2016 adalah tanggal rilis resmi Accurate Online. Accurate Online adalah software akuntansi dengan cloud platform yang siap menemani bisnis Anda mulai saat ini. Trend teknologi yang secara exponential berubah, dapat membuat Accurate Online menjadi pilihan yang SMART untuk bisnis. Kini Penggu Accurate bisa menikmati bisnis dan kerja dimana saja kapan saja melalu Komputer, Laptop, Gadget.

untuk mengetahui lebih jelasnya ACCURATE Online silahkan kunjungi Link dibawah ini:

ACCURATE Online

 

2. Easy Accounting System (EAS)

Easy Accounting System (EAS) dibangun sejak tahun 2009 dibawah naungan PT Global Informasi Fortuna Teknotama, merupakan software akuntansi keuangan dan point of sale (POS) sekaligus software semi-ERP systems. yang dapat digunakan untuk menjalankan berbagai jenis operasi bisnis dari Distribusi, Jasa, Retail, Konstruksi, Developer, Rumah sakit, Pendidikan, Export Import, Courier , serta Perusahaan manufaktur baik yang bersifat perakitan (assembly) maupun yang bersifat Pembuatan (maker).

Easy Accounting System (EAS) sendiri dibangun menggunakan engine Firebird yang terbukti handal dan stabil pada semua system operasi windows. Dengan fitur utama Import Transaksi ( Jurnal voucher, invoice, COA, dan daftar barang) serta e-faktur ready , menjadikan EAS pendatang baru yang cukup inovatif terutama di sector industri menengah. Meskipun hanya dapat berjalan di dalam system operasi windows dan belum didukung oleh web based.

Didukung dengan harga yang cukup affordable dengan versi trading adalah 7 juta dan dan versi platinum 15 juta rupiah, dan versi manufaktur sebesar 30 juta rupiah (belum termasuk training). EAS juga menyedian layanan purna jual yang cukup baik bagi customernya.

3. Acosys

Software yang dikembangkan sejak tahun 1997 ini telah digunakan lebih dari 2.500 user. Software yang dapat di kustom ini dapat digunakan di berbagai platform seperti windows, linux dan macOS.

Meskipun begitu modul yang disediakan lebih sedikit jika dibandingkan 2 software sebelumnya. Untuk harga Acosys memberikan harga 500rb untuk setiap fitur yang ditambahkan jika ingin paket acosys menyediakan paket lite dengan harga 2.5 juta dan 1.5 juta untuk setiap penambahan user.

4. Bee

Bee adalah software multi platform yang dapat di kustom menggunakan tools development java. Modul yang disediakan Bee pun sudah lengkap. Harga yang dipatok untuk software ini disesuaikan dengan paketnya.

Ada 3 paket yaitu silver dengan harga 2.5 juta, gold 3.5 juta dan platinum 6 juta yang masing-masing memiliki biaya penambahan user sebesar 1.5 juta. Bee juga memberikan layanan purna jual yang cukup baik bagi penggunanya.

5. Corcus

Corcus bisa dibilang lebih muda dibanding 4 software sebelumnya. Software ini ada sejak 2007 namun modul yang diberikan sudah lengkap seperti modul dalam software lainnya.

Harga dari 1 software pun tergantung kompleksitas permintaan dari user dengan garansi yang juga disesuaikan. Sayangnya corcus hanya compatible dengan platform windows saja.

6. Abipro

Spesifikasi abipro dilihat dari modul yang disediakan bisa dibilang sangat lengkap karena menyediakan modul pembelian, penjualan, persediaan, buku besar, kas/bank dan aktiva tetap.

Lebih spesifik Abipro juga menyediakan manajemen cek, konsolidasi, multi currency, multi project, multi department dan multi level harga dalam software nya tersebut. Sedangkan untuk modul inventory Abipro tidak menyediakan expire date dari barang.

Harga dari Abipro untuk unlimited user berkisar antara 24 s/d 39 juta. Untuk user terbatas atau SE hanya 8 juta. Abipro juga memberikan garansi layanan purna jual yang baik meskipun tidak bisa dicustomisasi.

7. FINA

FINA bisa disebut sebagai software untuk perusahaan terbaik, karena dari fitur modul yang disediakan sangat lengkap. Selain itu software ini sudah digunakan oleh lebih dari 800 perusahaan. FINA juga memberikan garansi 90 hari uang kembali pada pembelian softwarenya dan juga pelatihan pengoperasian software hingga bisa.

Harga yang diberikan untuk software jenis CC adalah 20 juta, sedangkan untuk AW 35 juta dan Distro 60 juta. Setiap jenis jenis ini dikenakan biaya 3.3 juta untuk penambahan user pada komputer. Namun software ini hanya cocok di pasang pada platform windows saja

8. Integrated System

Modul standar yang disediakan IS bisa dibilang cukup lengkap namun modul pelengkap dan modul inventory yang disiapkan hanya sedikit. Selain itu software ini hanya compatible dengan platform windows.

Tapi IS memiliki kelebihan yaitu bonus pelatihan di kantor untuk pengoperasian software sebanyak tiga kali secara gratis hanya dengan membeli paket GLX 3.5juta atau ISX 6.9 juta. IS ini termasuk pada software paket yang juga dapat di kustomisasi.

9. MAS

MAS hanya menyediakan modul standar dalam apllikasinya. Meskipun begitu software ini dapat dimodifikasi menyesuaikan kebutuhan dari pengguna. Software ini sudah dikembangkan sejak tahun 1984.

Harga yang diberikan untuk satu paket software minimal 4 juta dengan bonus training pengopersian secara gratis bagi pengguna. Layanan purna jual nya pun bisa dibilang cukup mudah.

10. Omega

Omega adalah software yang berasal dari Surabaya. Software ini menyediakan modul standar yang lengkap meskipun modul pelengkap dan inventory yang hanya terbatas. Omega hanya bisa digunakan di platform windows saja.

Harga 1 paket omega adalah 1,699 juta per user nya. Untuk penambahan user stock harga yang diberikan adalah 1,699 juta per user sedangkan penambahan user accounting 2,999 juta per user.

11. Zahir

Zahir sudah dikembangkan sejak tahun 1997. Software ini menyediakan modul standar, spesifik dan inventory sangat lengkap dan sangat mudah digunakan pada platform windows.

Harga dari 1 paket software adalah 999 ribu hingga 15 juta dengan biaya penambahan user sesuai dengan paket yang dibeli.

 

Nah tadi semua tentang 11 software akuntansi terkenal dan terbaik yang ada di Indonesia. Semoga apa yang ada pada artikel ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua.

 

## Saya Firdaus Yunianto,
Saya salah satu Marketing Executive yang sudah berpengalaman menghadapi Client yang bergerak dibidang Trading/Jasa, Kontraktor dan Pabrikasi.
Untuk lebih jelasnya mengenai informasi ACCURATE 5 Accounting Software silahkan Klik FIRDAUS YUNIANTO