Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 galaxy@myabcshop.com

Alur Siklus Penjualan Accurate Software Akuntansi

alur penjualan accurate

 

Alur Siklus penjualan Accurate Accounting Software versi 5 memiliki 6  tahapan :

  1. Penawaran Penjualan
  2. Pesanan Penjualan
  3. Pengiriman Penjualan
  4. Faktur Penjualan
  5. Penerimaan Penjualan
  6. Retur Penjualan

 

  • Penawaran Penjualan 

Siklus pertama di siklus penjualan Accurate adalah penawaran penjualan. Modul ini berfungsi bagi pengguna Accurate dimana sebelum calon customer memesan barang meminta penawaran terlebih dahulu.

Tidak ada jurnal ataupun pemotongan stock yang terjadi pada modul ini. Modul penawaran penjualan hanya merupakan pencatatan atau informasi saja.

 

  • Pesanan Penjualan

Setelah penawaran disetujui, maka pesanan penjualan dapat dibuat dengan mengacu pada penawaran penjualan yang telah dibuat sebelumnya. Pada saat pembuatan pesanan penjualan, tidak perlu lagi mengisi ulang daftar barang yang sudah dibuat pada penawaran penjualan. Accurate dapat secara otomatis menarik data penawaran ke dalam pesanan penjualan.

 

  • Pengiriman Penjualan

Pesanan penjualan yang telah disepakati harus dilakukan pengiriman penjualan. Pada modul pengiriman penjualan, Accurate dapat menarik data pesanan penjualan yang diinginkan ke dalam pengiriman penjualan, sehingga tidak perlu dilakukan penginputan ulang barang dan jumlah qty yang sudah ada sebelumnya di pesanan penjualan.

Pada modul pengiriman penjualan, akan diakui pemotongan stock di gudang.

 

  • Faktur Penjualan

Untuk menagih atas pengiriman barang yang telah diterima oleh customer, kita menggunakan modul Faktur Penjualan. Pada modul ini, kita dapat mencetak faktur penjualan hingga faktur pajak penjualannya.

Pada modul ini pula, akan diakui piutang penjualan dan pengakuan penjualannya.

 

  • Penerimaan Penjualan

Pada modul ini kita dapat membuat penerimaan penjualan dari customer. Penerimaan giro mundur, dan multi faktur serta potongan pph 23 dapat dilakukan pada modul ini.

Pada modul penerimaan penjualan, akan diakui pemotongan piutang.

 

  • Retur Penjualan

Di retur penjualan, akan dilakukan pencatatan pengembalian barang yang dikembalikan oleh customer beserta pemotongan piutang apabila masih terdapat piutang yang belum terbayar. Jika terjadi retur penjualan, maka stock barang juga akan langsung bertambah.

 

Seluruh alur siklus penjualan Accurate Software Akuntansi ini bersifat fleksible, yang berarti starting point modul bukan harus dari modul pertama yaitu penawaran penjualan. Starting siklus modul penjualan dapat dilakukan dari penawaran penjualan / pesanan penjualan / pengiriman pesanan / faktur penjualan.

 

Untuk informasi lebih detail mengenai alur siklus penjualan Accurate Accounting Software, Anda dapat menghubungi kami di link berikut.