Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 galaxy@myabcshop.com

PERSEWAAN SOUND SYSTEM PENERAPANNYA DI SOFTWARE AKUNTANSI ACCURATE

 

Bisnis rental atau jasa persewaan alat alat sound system sudah mulai marak beberapa tahun belakangan ini, karena meningkatnya akan kebutuhan seperangkat alat sound system untuk menggelar sebuah acara besar. Dalam artikel sekarang ini kami akan membahas khusus untuk bisnis persewaan sound system dan bagaimana penerapannya dalan software akuntansi accurate sehingga menghasilkan sebuah laporan keuangan dan kontrol stok terutama untuk alat alat sound system yang akan disewakan, dengan demikian akan sangat membantu para pelaku bisnis persewaan sound system.   persewaan sound system dan bagaimana penerapannya dalan software akuntansi accurate

Software Akuntansi Accurate dalam penerapannya di persewaan sound system akan sangat berbeda dengan penggunaan accurate software pada umumnya.

Dalam pencatatan persewaan sound system disini kurang lebih nya berikut informasi yang dibutuhkan baik dari sisi operasional maupun secara akuntansinya :

  1. Pencatatan Invoice Sewa
  2. Status Alat Alat Sound System
  3. Tanggal Sewa dan Tangga Kembali
  4. Tanda Terima Keluar dan Masuk nya Alat Alat Sound System
  5. Laporan Pendapatan Sewa
  6. Pencatatan Pemakaian Spearpart / Maintenance

persewaan sound system dan bagaimana penerapannya dalan software akuntansi accurate

PENCATATAN INVOICE SEWA

Dalam proses pembuatan invoice terlebih dahulu dibuatkan nama item jasa nya untu selanjutnya diproses invoicenya.

Klik Persediaan-> Barang dan Jasa -> Klik Baru untuk membuat item jasa. Pastikan Type Persediaan dipilih Non Persediaan. Selain item jasa juga dibuat item item penunjang lainnya termasuk item spearpart.

Dengan sedikit modif rancangan notanya untuk memunculkan tanggal kembali, sebagai informasi kapan alat alat nya dikembalikan.

 

 

 

Status alat alat sound system merupakan aset aktiva perusahaan dengan demikian di accurate software tetap dimasukkan sebagai daftar aktiva tetap atas perlengkapan alat alat sound systemnya.

 

Tanda Terima Keluar Masuk Alat Alat Sound System

Selain mengeluarkan invoice kepihak customer juga diterbit kan tanda terima untuk mengeluarkan alat alat sound system nya tersebut. Di accurate menggunakan modul Pindah Barang.
Sebelumnya harus dibuatkan nama gudang misal gudang RENT dan gudang READY. Gudang Rent merupakan gudang dimana alat alat sound systemnya disewakan, sedang gudang READY adalah gudang pemilik usaha.
Saat sudah selesai sewa dan akan ditarik dari tempat customernya maka dilakukan lagi pindah gudang dibuat kebalikannya dari Gudang Rent ke gudang Ready dengan item yang sama.
 persewaan sound system dan bagaimana penerapannya dalan software akuntansi accurate

LAPORAN PENDAPATAN SEWA

Dari semua transaksi invoice yang sudah diinput, maka saat itu juga sudah bisa dihasilkan laporan laporannya.
Laporan piutang pelanggan, pendapatan sewa, laporan posisi stok keluar yang disewakan dan laporan laporan lainnya.
Berikut contoh laporan pendapatan sewa

LAPORAN PEMAKAIAN SPEARPART

Stok spearpart juga harus dibuat itemnya di daftar persediaan, jika spearpat akan digunakan maka stoknya harus diturunkan sesuai penggunaannya.
Penurunan stok karena penggunaan spearpart di accurate software ada dua cara:
1. Adjusment Stok.
Dimana stok diturunkan sesuai penggunaan dan akan dibiayakan nilai dari stok tersebut
2. Job Costing
Dengan modul job costing ini juga digunakan untuk menurunkan stok dan finishing dialokasikan ke biaya.
Demikian sekilas mengenai penerapan Program Akuntansi Accurate untuk diaplikasikan dibidang usaha Persewaan Sound System. Semoga dengan pemaparan sekilas ini bisa membantu pelaku bsnis yang bergerak di bidang usaha Persewaan Sound System dan Persewaan Sejenis nya.
Untuk melihat artikel artikel lainnya bisa klik link berikut :

Saya FIRDAUS YUNIANTO  0817 0335 4372  merupakan salah satu Marketing Senior di Accurate Galaxy Mall yang sudah berpengalaman sudah 8 tahun memasarkan Accurate Software di Surabaya, Sidoarjo, Malang, Gersik dan sekitarnya di Jawa Timur, Makassar, Palu, NTT, Bali, Banjarmasin, Makassar, Samarinda dan masih banyak lagi wilayah lainnya. TAK KENAL MAKA TAK SAYANG, dipahami, dipelajari dan diaplikasikan. Terimakasih

Klik