Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 galaxy@myabcshop.com

Perbedaan metode Cash Basis dan Accrual Basis dalam akuntansi

Perbedaan metode Cash Basis dan Accrual Basis dalam akuntansi. Basis Kas / Cash Basis dan Basis Akrual / Accrual Basis adalah dua metode berbeda yang umum digunakan dalam pencatatan transaksi akuntansi. Perbedaan mendasar keduanya adalah “timing pengakuan” saat terjadinya transaksi, yang mana sebenarnya bila digabungkan dari waktu ke waktu hasil dari kedua metode tersebut kurang lebih sama.

Adapun definisi sederhana dari Basis Kas adalah kondisi dimana Pendapatan “diakui” saat kas diterima dari pelanggan, dan untuk Biaya “diakui” ketika kas dibayarkan pada suplier atau karyawan. Sedangkan untuk Basis Akrual, konsep pengakuan nya adalah seketika saat transaksi muncul, meski tanpa ada Kas yang benar-benar diterima atau dibayarkan. Pada metode Basis Kas pengakuan pendapatan mengalami penundaaan sampai pembayaran diterima langsung dari pelanggan. Demikian pula pengakuan beban, dapat ditunda hingga saat faktur pembelian dibayar ke pemasok. Berikut ini contoh kasusnya :Perbedaan metode Cash Basis dan Accrual Basis dalam akuntansi

Perbedaan metode Cash Basis dan Accrual Basis dalam akuntansi

                    Pengakuan pendapatan. Sebuah perusahaan menjual Aplikasi 3rd party android senilai Rp. 10 juta untuk pelanggan pada bulan Maret, yang mana faktur penjualannya baru dibayar pada bulan April. Jika menggunakan metode Basis Kas, Perusahaan tersebut mengakui penjualan pada bulan April pada saat pendapatan tersebut diterima. Dengan metode akrual, Perusahaan mengakui penjualan di bulan Maret, ketika mengeluarkan faktur penjualan untuk pelanggan.

                    Pengakuan beban. Sebuah perusahaan membeli perlengkapan kantor senilai Rp. 5 Juta pada bulan Mei, yang mana faktur pembeliannya akan dibayar bulan Juni. Jika menggunakan Basis kas, Perusahaan tersebut mengakui pembelian pada bulan Juni, ketika membayar tagihan. Dengan metode akrual, Perusahaan mengakui pembelian pada bulan Mei seketika saat menerima faktur pembelian dari pemasok.

                    Software Accurate, Basis Kas atau Basis Akrual ?

Apabila pengguna Accurate melakukan transaksi menggunakan modul Kas & Bank, baik itu menginput pembayaran (other payment) maupun penerimaan (other deposit) sesuai transaksi riil saat itu juga, maka secara tidak langsung pengguna tersebut menerapkan metode Basis Kas. Apabila pengguna Accurate menginput transaksi penjualan melalui Modul Penjualan | Faktur Penjualan dan menginput transaksi pembelian melalui Modul Pembelian | Faktur Pembelian, bisa dibilang pengguna tersebut menerapkan metode Basis Akrual.

Untuk memperoleh informasi lebih detail dan penawaran menarik seputar Accurate desktop dan online serta Rene 2 Point Of Sale silahkan klik disini.  Atau jika Bapak / Ibu sudah tidak sabar ingin ngobrol langsung dengan saya silahkan hubungi 081 330 168 515 via telpon/whatsapp

*Muhammad Nur Abadi atau yang mempunyai sapaan akrab Adi, adalah salah satu Marketing Executive di Accurate Business Center Galaxy Mall. Accurate Business Center sendiri mulai hadir di Kota Surabaya tahun 2009 an, memberikan pilihan untuk pelaku bisnis mulai skala kecil dan menengah dalam mengelola laporan keuangannya.