Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 galaxy@myabcshop.com

5 Penyebab Keuangan Perusahaan Bermasalah

Penyebab Keuangan Perusahaan Bermasalah | Permasalahan yang terjadi di keuangan perusahaan dapat terjadi tidak hanya di perusahaan menengah ataupun kecil, perusahaan dengan skala besar pun dapat mengalaminya. Tidak sedikit perusahaan yang akhirnya tutup perusahaan atau pailit yang disebabkan oleh permasalah keuangan. Seperti pepatah tidak ada asap jika tidak ada api, hal yang sama terjadi di kasus yang menimpa keuangan perusahaan. Permasalahan keuangan tidak mungkin hadir bila tidak ada pemicunya. 

Dari beberapa pemicu masalah keuangan, setidaknya ada 5 penyebab keuangan perusahaan bermasalah yang umum terjadi. Anda patut berhati-hati bila salah satu pemicu masalah keuangan ini sedang Anda alami. Hindari dan selesaikan permasalah tersebut agar tidak mendorong perusahaan Anda menjadi pailit ataupun bangkrut. 

 

 

penyebab keuangan perusahaan bermasalah

5 Penyebab Keuangan perusahaan bermasalah

  1. Reminder Piutang Dagang dan Piutang Bermasalah. Salah satu penyebab keuangan perusahaan yang bermasalah adalah tidak ada kontrol pada pengingat piutang dagang. Piutang dagang sebaiknya dibatasi dengan batas limit maksimal piutang yang diperbolehkan serta jadwal penagihan piutang yang jelas.  
  2. Kontrol Persediaan. Banyaknya persediaan barang dagang di dalam gudang juga dapat menjadi potensi bermasalahnya keuangan perusahaan Anda. Anda harus memiliki data atau laporan barang dagang paling laku dan paling lambat terjual. Dengan demikian management persediaan Anda menjadi lebih rapi. Dengan data tersebut, keuangan Anda dapat berputar lebih lancar karena uang yang terkonversi ke dalam barang dagang berada pada barang dagangan yang cepat terjual.  
  3. Pisahkan Keuangan Pribadi Dan Perusahaan. Kesalahan paling umum yang terjadi pada perusahaan adalah tidak dipisahkannya keuangan pribadi dan keuangan unit bisnis. Jangan sampai unit usaha Anda kekurangan dana ( tidak dapat membeli barang dagang atau batal ekspansi ) hanya karena digunakan secara berlebihan untuk keperluan rumah tangga Anda. Pisahkan rekening pribadi dan usaha serta batasi pengambilan prive. 
  4. Tidak Lapor Pajak. Pajak merupakan kewajiban yang harus dibayarkan kepada pemerintah yang berlaku bagi Anda yang memiliki usaha. Di era keterbukaan pajak sekarang ini, pelaporan pajak harus dilakukan secara berkala dan konsisten. Jangan sampai keuangan Anda menjadi bermasalah dikarenakan harus membayar denda pajak yang tidak sedikit hanya karena Anda tidak menjalankan kewajiban Anda ataupun kesalahan dalam pelaporan Pajak. 
  5. Tidak Mempunyai Sistem Pencatatan Keuangan. Langkah terbaik dalam mencegah bermasalahnya keuangan perusahaan adalah mempunyai sistem pencatatan keuangan. Setiap uang yang keluar dan masuk akan tercatat dengan jelas, bahkan sampai ke proyeksi uang yang akan masuk dan keluar di masa mendatang dapat diperoleh apabila sudah menggunakan sistem pencatatan keuangan. 

Software Akuntansi Accurate ver. 5 merupakan software akuntansi pencatatan keuangan terbaik di Indonesia. Berdiri sejak tahun 1998, Accurate telah digunakan oleh lebih dari 150.000 perusahaan dan bahkan diakui oleh TOP Brand Award sebagai TOP Brand produk kategori software akuntansi. Accurate Ver. 5 juga dibuat berdasarkan PSAK ( Standart Akuntansi Indonesia ) sehingga dapat dipastikan Accurate dibuat berdasarkan ketentuan dan cocok digunakan oleh pelaku usaha di Indonesia. Accurate Ver. 5 juga sudah dilengkapi dengan fitur E-faktur sehingga pelaporan pajak Anda menjadi lebih cepat dan lebih mudah.

Beberapa Perusahaan Yang Sudah Menggunakan Accurate Accounting Software ver. 5

Tunggu apalagi, jangan tunggu sampai keuangan perusahaan Anda bermasalah

Perkuat dan benahi sistem perusahaan Anda dengan Accurate Accounting Software 

Kami siap mempresentasikan Accurate & memberikan solusi terbaik