Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 galaxy@myabcshop.com

Penerapan Ekspor Import Accurate Accounting Software

Penerapan Ekspor Import Accurate Accounting Software

Customer Accurate :

Pak Radit Saya Mempunyai kasus di perusahaan saya, saya Mempunyai Kantor Cabang di tempat lain sedangkan untuk Server penyimpanan database berada di server Surabaya, Accurate apakah bisa online secara real time transaksinya masuk ke server apabila saya menginput transaksi di cabang?

Radit :

Untuk permasalahan yang bapak hadapi mengenai apakah b ACCURATE bisa Online Secara real time transaksinya masuk ke server apabila menginput transaksi di cabang, bisa pak. akan tetapi untuk mengakomodasi transaksi online secara Real time membutuhkan bandwitch internet kuota yang besar dan harus memilki tower jaringan sendiri agar koneksi jaringan berjalan dengan baik & lancar, untuk memfasiltasi bagi client / pengguna Accurate yang belum bisa menyediakan bandwitch internet yang besar dan tower tersendiri dan transaksi di cabang tidak perlu menginput transaksi kembali di pusat Accurate,  Accounting Software menyediakan Fitur Export Impor Transaksi.

Contoh Ilustrasi

Jika data transaksi di database B Cabang B akan di Import kedalam database A Kantor Pusat A dan diakui sebagai Transaksi di Database A, maka Branch ID(ID cabang) Database B harus di List kan terlebih dahulu di List Branch ID Database A

Berikut ini transaksi-transaksi yang dapat diekspor dan diimpor dengan menggunakan Fitur Export Import Transaction ACCURATE Ver 5 :

l. Currency 7.   Sales Order l3. Purchase Return l9. Salesman
2. Item 8.   Delivery Order l4. Vendor Payment 20. Commission Range
3. Account 9.   Sales Invoice l5. Journal Voucher 2l. Selling Price Adjust
4. Customer l0. Sales Return l6. Other Deposit
5. Vendor ll. Customer Receipt l7. Other Payment
6. Tax l2. Purchase Invoice l8. Customer Type

Proses Ekspor Impor dapat dilakukan per transaksi atau sekelompok transaksi dan hanya dapat mengekspor data Insert dan Delete, tidak untuk kondisi Edit (Update), jadi data dalam kondisi insert atau edit, ACCURATE tetap mengganggap data tersebut adalah mode insdert saat diimport ke database lain.

Untuk menghindari Error pada saat pengeksporan data cabang ke pusat, Anda harus memastikan bahwa master data pusat dan cabang sama persis. Master data yang dimaksud disini seperti : Data Akun , Data Item dan Data Master lainnya.

Anda dapat membuat master data cabang dengan menduplikasi database pusat menggunakan fitur Create New Branch. Fitur Create New Branch secara otomatis akan membuatkan duplikasi data dari data utama dengan kiode cabang yang berbeda dan otomatis membuatkan data – data master seperti Item, Customer, Vendor, Tax, dll, sehingga data cabang siap untuk memulai penginputan transaksi.

Alur Proses Export – Import :

CABANG MENGEKSPOR TRANSAKSI-TRANSAKSI YANG DIINGINKAN UNTUK DIKIRIMKAN KE DATA UTAMA ( Pusat) MELALUI FORMULIR EXPORT IMPORT TRANSACTION.

Berikut langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengekstract Database Cabang:

Klik menu utama File – Export Import Transaction

 

Filter tanggal pembuatan transaksi (Filter by Created Date) transaksi yang akan Anda eksport (extract). Tanggal pembuatan transaksi (created date) adalah tanggal penginputan transaksi di ACCURATE (sesuai dengan tanggal sistem).

Filter Tipe Data (Data Type) yang ingin Anda eksport (ekstrak). Filter Tipe Data (Data Type) terdiri dari:

Data Type       :

Original           :  Data yang dibuat di database itu sendiri

Imported         :  Data hasil import transaksi

Status            :

No Status        :  Data yang belum diexport

Exported         : Data yang sudah pernah diexport

Source Status

Inserted          :  Data dibuat

Delete              :  Data dihapus

User Name     :  Filter nama-nama user yang melakukan pembuatan transaksi

 

Transaction Type : Filter transaksi mana saja yang ingin dimunculkan pada Daftar Transaksi.

Transaksi yang akan diexport sesuai dengan filter yang Anda buat akan secara otomatis

ditampilkan pada grid/detail Daftar Transaksi. Centang transaksi yang ingin Anda Export lalu klik

tombol Export Checked Data.

Ilustrasi Gambar :

Raditya Accurate Accounting Software
Accurate Eksport Import Transaksi

 

Kita bisa memfilter transaksi apa saja yang ingin kitaekspor berdasarkan tanggal pembuatan, maupun tanggal transaksi tersebut berada .Dengan melihat di kolom filter tanggal yang ada pada kiri atas Memilih type transaksi yang akan di import, tidak semuatransaksi bisa diimpor. Anda bisa melihat dari kolom kiri bawah untuk mengetahui transaksi apa saja yang bisa di ekspor-impor

Jika transaksi belum berubah, kita bisa mengklik tombol perbaharui (refresh) atau tekan tombol f5, Setelah itu tinggal di centang transaksi apa saja yang ingin di eksport.

Klik tombol ekstract data terpilih/Eksport (bisa dilihat pada Ilustrasi gambar dibawah ini ); lalu akan muncul kotak save as, dan simpan dalam bentuk type file XML

 

PUSAT MENGIMPOR FILE XML DATABASE CABANG MELALUI FILE EKSTRACT IMPORT TRANSACTION

Agar Proses Import File XML Export dari data Data Cabang berhasil dilakukan, anda harus terlebih dahulu mendaftarkan ( Menambahkan ) Kode (ID) Database Cabang yang akan diimport pada Database Pusat

Kode Database adalah kode (ID) database yang secara otomatis dibuatkan oleh accurate pada saat pembuatan database baru. Kode ini secara otomatis dicantumkan di tab branch ID Form Company Info

Untuk melihat Branch ID klik Menu Setup(Persiapan) | Company Info(Informasi Perusahaan) | Klik Branch ID(ID Cabang) seperti gambar Berikut :

Input kan Kode Branch ID ( Database Cabang) di Database Pusat di Form Company Info seperti Gambar diatas

Setelah Menginputkan Kode database Cabang, Lakukan import file XML export database cabang  dengan cara :

1.Klik Menu File – Extract Import Transaction / Berkas – Eksport Import Transaksi :

 

2. Pada tampilan Export Import Transaction, Klik Tombol Import data, lalu pada Windows open

Pilih file  XML Database Cabang yang akan diimport lalu klik tombol open

3.Tunggu beberapa saat, ACCURATE akan melakukan Proses Import file XML Database Cabang. Setelah Proses Import Selesai dilakukan, Accurate Akan Menampilkan Pesan yang menginformasikan Jumlah data yang berhasi diimport dan jumlah data yang tidak berhasil (gagal)  Diimport, Berikut perhatikan gambar dibawah ini :

 

4.Klik Tombol OK, Proses Import File XML Database Cabang telah selesai dilakukan

 

  • Saya **Raditya Fardiansyah  Marketing Senior Di Accurate Bussiness Center di Galaxy Mall , yang sudah berpengalaman kurang lebih 8 tahun menjual Accurate Standart hingga Enterprise. saya menangani sistem pembukuan   perusahaan Trading, Jasa, Kontraktor hingga Manufaktur produksi Furniture,Apabila Bapak /Ibu Ingin mengetahui Accurate Secara detail Klik Disini