Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 galaxy@myabcshop.com

PENCANTUMAN NIK DALAM PEMBUATAN E-FAKTUR DI PROGRAM AKUNTANSI ACCURATE

Bagaimana pencantuman NIK dalam pelaporan Pajak dalam E-Faktur dan aplikasinya di program akuntansi Accurate. PENCANTUMAN NIK DALAM PEMBUATAN E-FAKTUR DI PROGRAM AKUNTANSI ACCURATE

Faktur Pajak adalah bukti pungutan pajak yang dibuat PKP. Sementara itu E-Faktur atau biasa disebut faktur pajak elektronik adalah faktur pajak yang dibuat melalui aplikasi atau sistem elektronik yang ditentukan oleh Ditjen Pajak.   PENCANTUMAN NIK DALAM PEMBUATAN E-FAKTUR DI PROGRAM AKUNTANSI ACCURATE

Penerbitan Faktur Pajak ini sangat penting sebagai bukti bahwasannya PKP sudah melakukan penyetoran, pemungutan hingga pelaporan Surat Pemberitahuan (SPT) masa Pajak Pertambahan Nilai (PPN) sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Untuk membuat e-faktur, tentunya ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi PKP. Salah satu di antaranya adalah terkait identitas pembeli, di mana PKP harus mencantumkan NPWP pembeli di dalam e-faktur. Hanya saja dalam praktiknya masih banyak pengusaha atau pribadi dalam melakukan pembelian atau penjualan barang atau jasa masih belum tidak mencantumkan NPWP dengan alasan masih belum memiliki NPWP.

Dengan kondisi inilah yang membuat tidak adil terutama bagi PKP yang memiliki NPWP, melaporkan SPT nya dan membayar pajak secara utuh. Dan tentunya negara dirugikan karena pelaku yang tidak memiliki NPWP sehingga potensi pajak penghasilan yang tidak masuk pada negara.

Untuk mengantisipasi itu, otoritas pajak mewajibkan PKP yang akan membuat e-faktur untuk mencantumkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) pembeli atau lawan transaksinya, apabila tidak dapat mencantumkan nomor NPWP.

Kewajiban atas pencantuman NIK itu tertuang dalam pasal 4a ayat 2 Peraturan Dirjen Pajak No. PER-26/PJ/2017. Aturan ini berlaku pada 1 Desember 2017.
Namun, dalam kurun waktu kurang dari sebulan, aturan baru itu diputuskan untuk ditunda sampai dengan 1 April 2018, melalui Peraturan Dirjen Pajak No. PER-31/PJ/2017 yang ditandatangani oleh Robert Pakpahan, sebagai dirjen pajak baru.   PENCANTUMAN NIK DALAM PEMBUATAN E-FAKTUR DI PROGRAM AKUNTANSI ACCURATE

Dengan adanya aturan pajak yang baru tersebut tentunya accurate software sudah update dengan aturan terbaru pajak tersebut.

Pastikan bahwasannya Accurate yang terinstal adalah versi 5.0.19.1863 silahkan download installer nya DISINI

Berikut langkah langkah untuk penerapannya

  • Ke menu List | Customer | klik nama customernya 2 kali atau jika belum dibuat klik Klik New
  • Selanjutnya isi nama customer, alamat dan lainnya dan jika belum dibuat sebelumnya.
  • Selanjutnya klik tab sales | tax number diisi 0 sebanyak 15x  atau bisa di kosongkan | kolom NIK diisi no KTP customer | klik ok

accurate softwarePENCANTUMAN NIK DALAM PEMBUATAN E-FAKTUR DI PROGRAM AKUNTANSI ACCURATE

Selanjutnya setelah dibuat transaksi dan ppn keluarannya akan di export masuk ke menu reports | PPN/PPNBM (e-spt,e-faktur) | Klik new jika belum dibuat sebelumnya | klik tab pajak keluaran dan kemudian  export Pajak Keluaran.

accurate software

Jika di lihat hasil exportnya akan otomatis ada nomor NIK yang sudah di masukkan di list | customer.

Proses export import dari accurate software ke e-faktur untuk lebih jelasnya silahkan klik DISINI

PENCANTUMAN NIK DALAM PEMBUATAN E-FAKTUR DI PROGRAM AKUNTANSI ACCURATE

Untuk informasi lengkap mengenai accurate software silahkan hubungi Saya :

Telp/whatsapp : FIRDAUS YUNIANTO 0817 0335 4372

Email : firdaus@myabcshop.com