Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 galaxy@myabcshop.com

Nota Debit, Nota Credit di software Accurate

Dalam praktik tak jarang para pelaku usaha menerbitkan Nota Debit dan Nota Credit, yang merupakan bukti transaksi ekternal. Hal ini merupakan proses dari akuntansi. Nota Debit dan Nota Credit di software Accurate

Nota Debit dan Nota Credit di software Accurate

Debit Memorandum atau lebih dikenal dengan nota debit (debit note) adalah bukti transaksi pengiriman kembali barang yang dibeli (retur pembelian) dan penurunan harga barang, karena barang yang dibeli ada yang mengalami kerusakan atau tidak sesuai pesanan . Nota Debit dibuat untuk transaksi retur pembelian dan penuruanan harga barang. Pembeli membuat nota debit yang kemudian dikirimkan kepada penjual. Dengan diterbitkannya Nota Debit dapat diartikan telah terjadi pengurangan utang usaha pembeli yang harus dilunasi atau dibayar karena adanya pengembalian barang dagangan atau penurunan harga barang. Pembeli mengirimkan lembar asli kepada penjual bersamaan pengiriman kembali barang yang dibeli (jika melakukan retur pembelian).Nota Debit dan Nota Credit di software Accurate

Nota kredit/debit dan retur merupakan hal yang berbeda. Jangan berpikir ketika menerbitkan debit/credit akan mengurangi PPN kita. Saat penjual dan pembeli menerbitkan nota credit dan debit tidak dapat dijadikan alat untuk mengurangi PPN Keluaran dan PPN Masukan karena pajak tidak mengakuinya. Pajak hanya mengakui nota retur dan nota pembatalan. Nota Debit dan Nota Credit di software Accurate

Dalam hal aspek perpajakan terdapat 2 situasi terkait debit/credit note :

  1. Saat terjadi retur pembelian/pengembalian barang
  2. Saat terjadi merevisi/penurunan nominal harga penjualan

Saat dilakukan retur pembelian maka pembeli harus menerbitkan nota debit dan retur pembelian kepada penjual dan penjual akan menerbitkan nota kredit. Retur pembelian akan mengurangi PPN Masukan pembeli dan akan juga mengurangi PPN keluaran Penjual.

Saat merevisi/penurunan nominal harga penjualan dalam invoice karena adanya ketidaksesuaian barang dan/atau alasan lain yang sudah disepakati antara penjual dan pembeli. Pembeli akan menerbitkan nota debit dan penjual akan menerbitkan nota kredit. Namun hal itu tidak akan berdampak apa-apa dari sisi pajak. Yang perlu dilakukan penjual adalah dengan menerbitkan Faktur pajak pengganti. Dengan demikian jumlah PPN akan mengikuti harga/nominal yang telah dirubah.

Berikut langkah-langkah untuk membuat Credit Note/Debit Note untuk memotong nilai Piutang tanpa ada barang yang dikembalikan :

Credit Note

  1. Buat Item baru dari Daftar | Barang dan Jasa | Klik Baru, pilih tipe akun “Non Persediaan” dengan nama “Credit Note” dan semua GL akun dialokasikan ke akun mana yang akan menampung Credit Note tsb, misal Potongan Penjualan.
  2. Aktifkan “Dapat mengisi barang apa saja” pada Retur Penjualannya melalui menu Persiapan | Preferensi | Penjualan/Pembelian, pada bagian Penjualan-nya centang “Dapat mengisi barang apa saja” Lalu Ok .
  3. Buat Retur Penjualan dari Aktifitas | Penjualan |Retur Penjualan, lalu pilih nama customer dan pilih Sales Inv.No = “None”
  4. Pilih Item mengggunakan item yang sudah dibuat tadi (point 1), lalu isikan nilai retur-nya. Kemudian Simpan & Tutup
  5. Buka Penerimaan Penjualan dari Aktifitas | Penjualan | Penerimaan Penjualan, pilih nama customernya maka otomatis akan muncul invoice senilai retur yang sudah dibuat tadi dengan No Faktur yang sama dengan Nomor Credit Note. Centang No Credit Note tersebut berikut No Faktur yang akan dilunasi maka Nilai Credit Note yang minus tersebut akan menjadi pengurang.

Debit Note

  1. Buat Item baru dari Daftar | Barang dan Jasa | Baru, pilih tipe “Non Persediaan” dengan nama “Debit Note” dan semua GL akun dialokasikan ke akun mana yang akan menampung Debit Note tsb, Potongan Pembelian atau HPP misalnya.
  2. Aktifkan “Dapat mengisi barang apa saja” pada Retur Pembelian-nya melalui menu Persiapan | Preferensi | Penjualan/Pembelian, pada bagian pembelian-nya centang “Dapat mengisi barang apa saja”. Lalu Ok .
  3. Buat Retur Pembelian dari Aktifitas | Pembelian | Retur Pembelian, lalu pilih nama vendor dan pilih Purchase Inv.No = “None”
  4. Pilih Item mengggunakan item yang sudah dibuat tadi (point 1), lalu isikan nilai retur-nya. Kemudian Simpan dan Tutup .
  5. Buka Pembayaran Pembelian dari Aktifitas | Pembelian | Pembayaran Pembelian, pilih nama vendornya maka otomatis akan muncul invoice senilai retur yang sudah dibuat tadi. Nota Debit dan Nota Credit di software Accurate

Untuk memperoleh informasi lebih detail dan penawaran menarik seputar Accurate desktop dan online serta Rene 2 Point Of Sale silahkan klik disini.  Atau jika Bapak / Ibu sudah tidak sabar ingin ngobrol langsung dengan saya silahkan hubungi 081 330 168 515 via telpon/whatsapp Nota Debit dan Nota Credit di software Accurate

*Muhammad Nur Abadi atau yang mempunyai sapaan akrab Adi, adalah salah satu Marketing Executive di Accurate Business Center Galaxy Mall. Accurate Business Center sendiri mulai hadir di Kota Surabaya tahun 2009 an, memberikan pilihan untuk pelaku bisnis mulai skala kecil dan menengah dalam mengelola laporan keuangannya.