Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 galaxy@myabcshop.com

4 Trick Mengelola Keuangan Tanpa Harus Paham Akuntansi

Mengelola Keuangan Tanpa Harus Paham Akuntansi

Anda dapat mengelola keuangan tanpa harus paham akuntansi, setuju atau tidak setuju ? Anda coba perhatikan di sekeliling Anda, apakah ada rekan, kenalan ataupun bahkan famili yang mendirikan bisnis tetapi berakhir dengan gulung tikar ? Pada umumnya, masalah yang sering dihadapi oleh pelaku bisnis adalah kesalahan di dalam management keuangan. Management keuangan yang kurang efektif dapat membawa bisnis pada kerugian dan berakibat gulung tikarnya bisnis. Agar terhindar dari hal ini, Anda sebagai pelaku bisnis harus cerdas di dalam mengelola keuangan Anda. Untuk dapat mengatur keuangan, Anda tidak harus paham ilmu akuntansi. Berikut 4 trick mengelola keuangan tanpa harus paham akuntansi yang dapat Anda coba.

  1. Catatlah Semua Pengeluaran dan Pemasukan

    Mencatat semua pengeluaran dan pemasukan sangatlah penting, tidak sedikit pelaku bisnis pemula yang malas untuk melakukan hal ini, mereka sudah menunda-nunda pekerjaan tersebut hingga akhirnya terlupakan. Sebaiknya hal ini tidak dilakukan karena akan menyusahkan Anda di kemudian hari. Akan ada saatnya ketika Anda bingung kemana uang yang ada, kenapa hanya tersisa sedikit saja dan apa saja yang telah dibelanjakan. Oleh karena itu, kumpulkan seluruh bukti pengeluaran dan pemasukan, agar Anda mudah mengetahui untuk apa saja uang dikeluarkan.

  2. Jangan Tergiur untuk Membeli Barang yang Tidak Diperlukan

    Membeli barang dalam jumlah besar atau grosir adalah salah satu cara menghemat biaya produksi, namun perlu diingat apakah Anda benar-benar membutuhkan barang tersebut dalam jumlah yang besar. Apakah barang tersebut dapat habis terpakai ? atau akhirnya akan dibuang ? Tentu saja hal ini akhirnya akan merugikan bisnis Anda sendiri. Pertimbangkan prioritas bahan produksi sebelum membeli dalam jumlah besar.

  3. Memisahkan Uang Pribadi dan Uang Bisnis

    Hal yang paling sering terjadi dan dilakukan oleh pelaku bisnis pemula adalah tidak memisahkan uang pribadi dan uang bisnis. Jangan pernah mencampur uang pribadi dengan uang bisnis karena akan menyusahkan Anda saat melakukan perhitungan laba rugi di akhir periode. Jika memang terpaksa dimana Anda harus menggunakan uang pribadi untuk kepentingan bisnis, jangan lupa Anda juga harus menggantinya atau dengan kata lain reimbursement. Banyak pelaku bisnis yang akhirnya tidak mengetahui hasil dari bisnisnya dikarenakan hal ini.

  4. Menghitung Laba / Rugi

    Inti dari setiap bisnis adalah laba atau rugi bisnis yang dijalankannya. Anda dapat menghitung laba rugi bisnis Anda dengan mengurangi seluruh pendapatan Anda dengan seluruh biaya operasional yang sudah dikeluarkan seperti biaya listik, sewa gedung, biaya air, gaji karyawan dan biaya produksi.

 

 

 

 

Tanpa paham ilmu akuntansi, Anda dapat mengatur keuangan dengan efektif. Bagi bisnis pemula, 4 trick diatas dapat digunakan, namun seiiring perkembangan bisnis Anda, tentu saja keuangan yang harus Anda kelola akan lebih beragam dan sulit. Di saat itulah Anda membutuhkan alat bantu akuntansi untuk mengelola keuangan bisnis Anda. Anda dapat mencoba software akuntansi seperti Accurate Accounting Software, software akuntansi terbaik di Indonesia saat ini.