Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 galaxy@myabcshop.com

Informasi seputar laporan S-Curve dalam modul proyek Accurate Deluxe

Informasi seputar laporan S-Curve dalam modul proyek Accurate Deluxe

Artikel ini berisi informasi seputar laporan S-Curve dalam modul proyek Accurate Deluxe. Apakah sebenarnya manfaat atau kegunaan kurva s dalam proyek sipil atau konstruksi?  Kurva S berperan sangat penting bagi kelancaran proyek, terkait dalam hal pelaksanaan, keuangan proyek, manajemen pengelolaan pekerjaan dan hal-hal lainnya. Berikut ini penulis ingin merampung manfaat dari Kurva S :

  1. Rangkuman jadwal kegiatan proyek: untuk mengetahui kapan proyek dimulai dan kapan akan berakhir, serta pekerjaan apa saja yang harus dikerjakan pada tanggal tertentu.
  2. Informasi untuk manajemen keuangan proyek: Membantu Manajer keuangan untuk mengkalkulasikan dana yang tersedia sekaligus time table penagihan kepada owner sesuai progress proyek
  3. Informasi menyangkut item yang harus segera selesai agar pekerjaan lain yang berkaitan dapat segera dikerjakan / lintasan kritis
  4. Forecast atau prediksi jadwal penyelesaian pekerjaan proyek apakah lebih cepat atau terlambat dari jadwal.
  5. Informasi mendasar untuk manajer proyek dalam mengambil kebijakan yang bertujuan menyelesaikan pekerjaan sesuai batas waktu kontrak.
  6. Membantu untuk mengelola pengadaan material, peralatan proyek dan tenaga kerja sesuai dengan kegiatan yang akan dikerjakan.
  7. Sebagai laporan rutin yang dibutuhkan kontraktor untuk diteruskan ke manajemen konstruksi, konsultan pengawas, atau owner proyek

Berikut ini contoh penjelasan Kurva S dalam modul proyek di Accurate versi 5 Deluxe

Actual Cost ditampilkan jika ada transaksi dari :

  • Material in Used(Activities | Project | Material in used)
  • Purchase Invoice dan Purchase Return, yang menggunakan item Non Inventory Part dengan menunjuk ke Project Contractor.
  • Expense Payment (Activities | Project |  Expense Payment)

Informasi seputar laporan S-Curve dalam modul proyek Accurate Deluxe

Bagian Budget Amount di s-curve diambil informasinya dari setiap Job sesuai tanggal Start Date nya di RAB Project bersangkutan. Jadi saat kita buat New Project dari Activities | Project | Project, bagian RAB dimana kita memilih setiap pekerjaan, kolom Start Date nya jangan lupa untuk diisi, karena setiap tanggal Start Date pengerjaan Job tsb akan ditampilkan sebagai Budget Amount di laporan s-curve.

*Muhammad Nur Abadi atau yang mempunyai sapaan akrab Adi, adalah salah satu Marketing Executive di Accurate Business Center Galaxy Mall. Accurate Business Center sendiri mulai hadir di Kota Surabaya tahun 2009 an, memberikan pilihan untuk pelaku bisnis mulai skala kecil dan menengah dalam mengelola laporan keuangannya.