Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 galaxy@myabcshop.com

FITUR-FITUR YANG ADA DI ACCURATE ENTERPRISE

FITUR-FITUR YANG ADA DI ACCURATE ENTERPRISE – Modul Manufaktur terdiri dari :
1. Daftar Bahan Baku
2. Daftar Biaya Produksi
3. Formula Produk
4. Perintah Kerja
5. Pengeluaran Bahan Baku
6. Produk dan Bahan Baku Keluaran

alur accurate enterprise

Persiapan yang perlu dilakukan di dalam modul Manufaktur antara lain :

1. Aktifitas modul Manufaktur dimulai dari Setup –> Preferences –> Features –> Manufacturing Module. Kemudian setelah itu, anda bisa melengkapi Production Default Account di Setup –> Preferences –> Production Def. Account ( untuk Expense Account, WIP dan Variance Expense )

2. Daftar semua item Barang Bahan Baku, Bahan Baku Penolong, Barang Setengah Jadi dan Barang Jadi dari List Item

3. Kemudian tentukan Standard Cost untuk setiap item Barang Bahan Baku dan Bahan Baku Penolong dari List –> Manufactures –> Standard Cost Item.Standard Cost inilah yang akan membentuk Cost Barang Jadi Hasil Produksi ( perhatikan Efektif Date yang berlaku juga )

4. Untuk biaya-biaya yang akan menambah Cost Barang Jadi ( Biaya Tenaga Kerja dan Overhead ), bisa kita daftarkan disini. Caranya yaitu dari List –> Manufactures –> Conversions Cost

5. Tentukan Standard Cost untuk masing-masing Conversions Cost yang akan berkontribusi untuk menentukan Cost Barang Jadi Hasil Produksi. Langkah-langkahnya adalah seperti ini. List –> Manufactures –> Standard Conversions Cost

6. Langkah berikutnya yaitu membuat Formula Produksi dari List –> Manufactures –> Bill of Material ( BOM ). Disini pembuatan Formula Produksi dari produk-produk yang akan diproduksi. Formula Produksi sendiri terdiri dari Material dan Conversions Cost

Setelah persiapan tadi, sekarang kita akan membahas sedikit tentang Aktivitas Produksi. Alur yang terjadi ketika kita melakukan proses produksi adalah sebagai berikut :

1. Activities –> Manufacture –> Work Order ( WO ). Setiap ada pekerjaan untuk membuat suatu produk, kita membuat surat perintah kerja. Disini kita menentukan mau membuat barang apa dengan memilih item dan formula yang mau dibuat atau select SO ( membuat barang yang dipesan customer ). Jika select SO otomatis, formula BOM yang diambil adalah BOM default. Standard Cost yang digunakan by default adalah sesuai Standard Cost yang efektif berlaku saat itu, dilihat dari Efektif Date Standard Item dan Conversion Cost, namun saat di WO, kita masih bisa merubah formula yang sudah dipilih atau otomatis tampil tersebut, baik merubah quantity dan cost juga item yang akan digunakan apakah akan ada yang akan ditambah atau dikurangi.

2. Activities –> Manufacture –> Material Release. Saat ada pengeluaran bahan baku untuk produksi maka hal selanjutnya yang kita lakukan adalah mencatat di Material Release dengan memilih WO mana yang akan dikeluarkan bahan produksinya untuk menambah saldo akun WIP dan memotong stok persediaan bahan. Jurnal yang terbentuk disini ( Dr ) WIP pada ( Cr ) Inventory Raw Material, Subsidiary atau akun persediaanbarang setengah jadi.

3. Activities –> Manufacture –> Product and Material Result. Saat barang sudah selesai di produksi dan akan dimasukkan ke gudang untuk menambah stok barang setengah jadi atau barang jadi hasil produksi, kita catat di Product and Material Result. Product and Material Result juga digunakan untuk mencatat pengembalian bahan baku sisa produksi. Jurnal yang terbentuk disini ( Dr ) Inventory Finish Good atau akun persediaan barang setengah jadi pada ( Cr ) WIP.

Untuk laporan yang tersedia di modul Pabrikasi, kami menyediakan berbagai laporan yang bisa dilihat pada gambar di bawah ini.

fitur accurate enterprise

Demikianlah alur dan fitur-fitur yang ada di Accurate Enterprise. Jika anda ingin mengajukan presentasi mengenai Accurate silahkan klik link disini. Atau jika anda ingin mengetahui artikel lain mengenai Accurate, anda bisa melihat artikelnya disini. Jangan sungkan ataupun ragu ketika menghubungi saya, Ivan | 087759171799 atau email ke ivan@myabcshop.com