Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 galaxy@myabcshop.com

4 Faktor Pentingnya Pembukuan Dalam Bisnis Kecil Anda

4 Faktor Pentingnya Pembukuan Dalam Bisnis Kecil Anda | Pembukuan adalah sebuah proses yang mengacuh pada kegiatan perusahaan dan penyimpanan data keuangan dan akuntasni bisnis, termasuk buku besar, jurnal, laporan keuangan, catatan pajak penghasilan, dan lainya.

Pembukuan tidak hanya cukup ketika perusahaan telah berskala kecil agar tidak jatuh oleh kegagalan untuk mengetahui masalah keuangan dengan tepat dan terhindar dari kesalahan penghitungan jumlah pajak yang harus dibayarkan. Dengan adanya pembukuan yang baik sejak awal bisnis, maka  bisnis kecil yang sedang berkembang akan mengetahui dan memiliki kekuatan finansial secara sehat. Di bawah ini adalah beberapa alasan kenapa Pentingnya Pembukuan Dalam Bisnis Kecil Anda.

Meningkatkan Analisis Keuangan dan Manajemen

Meningkatkan Analisis Keuangan dan Manajemen

Kita semua tahu bahwa manajemen arus kas bukanlah tugas yang mudah. Pembukuan yang tepat memungkinkan anda untuk menganalisa dan mengelola arus kas sehingga anda dapat melihat  yang lebih akurat tentang situasi keuangan bisnis anda. Pembukuan yang tepat juga membantu anda tetap membayar  faktur kepada vendor secara tepat waktu dan juga dapat menagih kepada pelanggan. Selain itu, melalui pembukuan yang baik, anda akan selalu tahu persis di mana uang anda berada.

Menghindari Kesalahan Pelaporan Pajak

Menghindari Kesalahan Pelaporan Pajak

Mengapa hal ini bisa terjadi? Kemungkinan terbesar karena faktor kesalahan pelaporan pajak adalah proses pembukuan yang tidak baik sejak awal bisnis sehingga tidak memiliki data yang akurat tentang pendapatan dan pengeluaran selama bisnis berjalan. Untuk menghindari hal tersebut, sangat penting memiliki pencatatan pembukuan yang baik.

Menghidar Resiko Audit

Menghidar Resiko Audit

Audit Keuangan atau lebih tepat disebut sebagai Audit Laporan Keuangan merupakan penilaian atas suatu perusahaan atau badan hokum lainnya ( termasuk pemerintah ) sehingga dapat dihasilkan pendapat yang independen tentang laporan keuangan yang relevan, akurat, lengkap, dan disajikan secara wajar. Audit keuangan biasanya dilakukan oleh firma-firma akuntan karena pengetahuannya akan laporan keuangan. ( sumber data dari Wikipedia ).

Karena pemilik bisnis adalah yang paling berisiko untuk menerima audit, maka pembukuan yang tepat menjadi lebih penting dari sebelumnya. Semakin akurat dan terbaru buku perusahaan anda, semakin cepat auditor dapat menyelesaikan dari kasus anda, sehingga anda tidak kwatir secara berkepanjangan, dan lebih banyak waktu untuk dapat mengembangkan bisnis anda.

Melakukan Secara Independen

Melakukan Secara Independen

Dalam merintis sebuah bisnis memang diperlukan kemandirian dalam segala hal, misalnya dalam mengelola keuangan, menentuakn strategi bisnis, memasarkan produk dan masih banyak lain-lainnya. Kemandirian seperti ini sangat bagus, namun di sisi lain justru akan mengakibatkan kebangkrutan dalam bisnis. Apakah anda yakin dapat melakukan semua hal tersebut secara bersamaan? Tentu tidak, karena setiap orang mempunyai keterbatasan dalam kemampuan. Jangan terlalu memaksakan diri sendiri anda. Bisnis yang berkembang sangat membutuhkan orang yang tepat dalam bidangnya masing-masing.

Artikel tentang 4 Faktor Pentingnya Pembukuan Dalam Bisnis Kecil Anda, sudah saya jabarkan masing-masing dari setiap faktornya. Apabila Bapak/Ibu tertarik dengan Pembukuan Akuntansi yang membuat anda lebih mudah melalukan pencatatan keuangan silakan menghubungi saya, Dekky Tendean.

*Ingin Mengetahui Software Accurate Anda Legal Atau Tidak

Accurate Dekky 0817378583